Teleponan Ke Luar Negeri Tanpa Bikin Kantong Jebol




 

 


Aura-Share,Liburan akhir tahun yang sudah dekat adalah saat yang tepat untuk berlibur bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Bukan hanya di dalam negeri, tetapi melancong ke luar negeri pun menjadi pilihan yang menyenangkan.
Harus mengecek data dan menelpon selama bepergian? Jangan khawatir. Pastinya rekan-rekan sudah tahu bahwa XL menyediakan layanan International Roaming, yaitu layanan yang memungkinkan pelanggan XL untuk membawa nomor XL ke luar negeri dan tetap dapat dihubungi saat berpergian di luar negeri dengan menggunakan jaringan Mitra Operator XL di luar negeri.
Apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk menggunakan layanan International Roaming?  Tidak semua layanan domestik dapat digunakan di luar negeri, misalnya layanan BlackBerry tersedia di Mitra Operator tertentu. Panggilan ke nomor lokal di negara tempat kita berada membutuhkan kode negara di depan nomor telepon yang dituju. Setiap menyimpan nomor telepon pada handset, gunakan format lengkap dengan kode negara (Indonesia:  +62) agar kita dapat menghubungi nomor tersebut saat roaming. Selama di luar Indonesia, kamu tidak dapat menghubungi Customer Service XL melalui 817. Gunakan nomor  +6221-579 59 817 (dikenakan tarif roaming nelpon ke nomor Indonesia).
Jika handset hanya digunakan SMS/nelpon, sebaiknya non-aktifkan layanan data. Selalu aktifkan fitur penguncian tombol handset untuk menghindari akses layanan roaming tanpa sengaja. Sebelum meninggalkan Indonesia, selalu cek jenis konektor charger handset yang dapat digunakan di negara tujuan.  Akses ke menu *123# saat roaming tidak dikenakan biaya apa pun. Jika kita menggunakan Prabayar dan ingin membeli pulsa saat roaming, gunakan mPulsa dari *123#.
Takut pulsa atau tagihan membengkak? Cermati hal-hal berikut:
  • Sebelum meninggalkan Indonesia, lakukan pengecekan tarif yang berlaku di Mitra Operator/negara tujuan melalui : 817, XL Center atau www.XL.co.id.
  • Sebelum meninggalkan Indonesia, pastikan layanan roaming termasuk Internet/BlackBerry roaming sudah aktif. Cek 817 atau datang ke XL Center.
  • Beberapa aplikasi handset dapat mengakses layanan internet/BlackBerry tanpa kita sadari, misalnya aplikasi sosial media, email, antivirus, dll. Cek pengaturan aplikasi tersebut agar biaya penggunaan layanan roaming tidak membengkak.
  • Pastikan untuk selalu berada dalam jaringan Mitra Operator XL yang mempunyai tarif promo.
  • Periksa pada handset apakah pengaturan jaringan dilakukan secara otomatis atau manual. Cara untuk mengakses menu pengaturan jaringan disarankan mengacu ke buku panduan handset yang dimiliki.
  • Jika menggunakan Pasca Bayar, credit limit saat roaming tidak berlaku sehingga tagihan penggunaan layanan roaming dapat melebihi credit limit yang telah ditentukan.
  • Jika kita menggunakan Pasca Bayar dan tidak menggunakan internet/BlackBerry roaming di Mitra Operator diluar tarif promo murah, sebaiknya kita lebih bijak dalam mengakses layanan karena tarif yang berlaku di Mitra Operator non-promo berdasarkan jumlah volume pemakaian.
  • Selalu gunakan akses Wi-Fi (jika ada) untuk menekan biaya akses internet/BlackBerry

1 komentar :

Seorang blogger sejatinya selalu memberikan komentar yang terbaik serta membangun,terima kasih sobat atas kunjunganya.Sukses Selalu Blogger Indonesia