Optimasi Blog Cepat Masuk 10 Besar Search Engine


Artikel berikut ini saya adopsi dari web blog seo97.blogspot.com,kenapa saya menulis ulang artikel ini disini yaitu semata-mata karena besarnya manfaat yang saya rasakan dalam mendapatkan lebih dari 3000 Unique Visitor hanya kurang dalam 1 Bulan sejak 26 jan 2013 atau sejak website ini tahun 2012 Online di internet.Namun tidak hanya sampai disitu artikel ini juga saya kembangkan dengan berbagai info penting lainnya berikut pengalaman-pengalaman saya yang saya tulis dalam Penjelasan search engines optimization,silahkan melanjutkan membaca.

Dari hasil evaluasi serta jajak pendapat yang telah Aura Share jalani hanya terdapat 1 saja dari 10 orang yang berpikir bahwa keahlian(Search Engine Optimization) adalah sesuatu yang wajib dimiliki oleh seorang blogger atau pemilik usaha.Sangat mengejutkan adalah tidak kurang dari 24% bahkan tidak mengetahui apakah sebenarnya itu optimasi !jika sobat termasuk dalam setengah orang yang tidak tahu apakah itu SEO ?atau mengetahui seberapa besar hal itu dapat menolong sobat,saya yakinkan sobat setia sangat-sangat diwajibkan membaca artikel ini.Karena ini adalah “Tips Menjadi Juara Kontes Search Engine Optimasi Terbaik” buat sobat setia yang ingin belajar bagaimana cara Optimasi Blog Cepat Masuk 10 Besar Search Engine silahkan baca artikel ini sampai selesai.Didalam artikel ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa kesalahan umum yang sering dibuat oleh para blogger dan developers,kemudian setelah itu saya akan menyuguhkan sedikit tips dasar yang harus sobat coba praktekan untuk mengoptimalkan weblog sobat agar dicintai Search Engines seperti Google,yahoo,Bing dan lain lain

Kenapa sobat  harus mempelajari Search Engine Optimasi ?

Sangat penting buat kita untuk optimasi dan menjadi tanggung jawab kita bersama,karena sobatlah yang membuat struktur situs,khususnya dibalik segala keindahan yang terkandung dalam mahakarya design dan isi konten yang original sobat,disanalah terdapat berbagai aturan-aturan yang sobat setia harus ikuti.Demi satu tujuan yaitu mendapatkan jumlah pengunjung yang tinggi dan memiliki Daftar Ratusan Back Link Berkualitas referrals situs orang lain yang mereferensikan halaman internet Anda dengan cara meletakan link yang mengarah ke situs sobat.Jika situs buatan Anda tidak bersahabat dengan Search Engine, Anda bisa benar-benar kehilangan traffic pengunjung, karena selain Visitors (pengunjung) mengetikan alamat “www.namasitusAnda.com” dan backlink referrals, search engines lah satu-satunya jalan yang menuntun orang untuk menemukan situs Anda, bahkan tanpa sobat minta sekalipun.semua akan lebih membantu jika sobat mau membaca Manfaat Definisi Seo dan Langkah Tepat Menjalankan Seo Dengan Benar

Tedapat banyak keuntungan memiliki situs dengan jumlah traffic pengunjung yang sangat tinggi. Sekedar contoh, situs sebariklanblogger.com ini memiliki komposisi pengunjung yang terus bertambah setiap harinya, dan ternyata hanya 15% saja yang mengetikan langsung url http://www.sebariklanblogger.com pada browser, sisanya sebanyak 15% berasal dari backlink referrals dan 70% berasal dari Search Engine, yang berarti sebanyak 70% setiap bulan adalah potensi pengunjung baru Kami.Bayangkan saja jika tanpa referensi dari Search Engine, Maka Kami akan kehilangan ratusan hingga ribuan pegunjung setiap harinya. Hal itu juga berarti akan sangat beresiko tinggi kehilangan klien potensial untuk tujuan bisnis Kami, karena sebuah situs akan dihargai dari nilai ranking yang diberikan oleh google (Page Rank Google) dan Alexa Traffic rank.
Optimasi berarti juga adalah nilai tambah sebuah pelayanan. Sebagai seorang Designer/developer Anda dapat menjual SEO skills Anda ini sebagai pelayanan khusus untuk client Anda.

Bagian Dasar: Bagaimanakah Cara Kerja Search Engines?

how search engines work Panduan Rahasia Search Engine Optimization (SEO) untuk Web DesignerPertama-tama, mari kita lihat bersama bagaimanakah cara kerja “crawler” yang dimiliki oleh Search Engines. Setiap Search Engine memiliki program otomatisnya sendiri yaitu yang dinamakan ” Spider” atau ” crawler”. Tugas mereka adalah menelusuri, membaca dan mengumpulkan content (isi situs), kemudian mengikuti semua links yang ada (baik itu link dari situs itu sendiri maupun link dari situs yang lain/external yang tertuju ke situs kita). Kemudian Spider menumpuk seluruh informasi yang didapatnya kedalam sebuah database Search Engine yang dinamakan index.

Nah,kemudian ketika pencari informasi mengetikan sebuah kata kunci (query) didalam kotak inputan disebuah Search Engine, kemudian Search Engine akan mencari dan menemukan hasil yang paling relevan dari kata-kata kunci yang dicari pencari informasi tadi dan tentu saja informasi yang ditampilkan pada hasil pencarian (Searc Result) tersebut bukanlah langsung mencari ke situs-situs di seluruh dunia pada saat itu juga, namun Search Engine mengambil data hasil pencarian dari database yang sudah didapat pada index tadi, itulah mengapa pencarian yang dilakukan oleh Search Engine bisa sangat cepat hingga hitungan sepersekian detik saja untuk setiap kata kunci yang Anda cari.

Tips: Setiap crawler atau Spider melakukan proses index ke seluruh domain situs di seluruh dunia dalam waktu yang berbeda-beda, bisa jadi itu dilakukan hingga berminggu-minggu kedepan, maka dari itu ada kalanya posisi situs kita untuk kata kunci tertentu selalu berubah-rubah, contoh pada tanggal 26 Agustus hingga sebelum Idul Fitri situs sebariklanblogger.com selalu muncul pada urutan pertama pada search.yahoo.com dengan keywords (kata kunci) “design kartu lebaran” hal ini dimungkinkan karena saya membuat halaman dengan artikel mengenai Sebar Iklan Blogger Gratis jauh-jauh hari sebelum bulan puasa tiba sehingga situs ini akan lebih awal terindeks oleh Search Engine dan dianggap paling unik dilihat dari isi dan relefansinya, alhasil traffic situs ini naik hingga 300% dari minggu pertama launching, benar-benar menguntungkan bukan. Intinya tips dari saya diatas adalah Anda harus peka (timing) terhadap selera pasar yang menjadi niche Anda”.

Belajarlah dari Guru SEO sebenarnya yaitu Google, MSN dan Yahoo

Dari seluruh Artikel, Tutorial, Tips and Trik dan berbagai referensi belajar Optimasi saya jamin 100% inilah guru terbaik sobat,sobat wajib mempelajarinya langsung dari master Optimasi sebenarnya, kenapa? ya jelas merekalah yang membuat aturan dan rumus-rumus Optimasi,dan disana anda akan menemukan berbagai panduan untuk menjadi webmaster agar dapat memaksimalkan hasil pencarian di SE.
Anda dapat menemukan Link langsung menuju masing-masing search engine tersebut di sini:
Ternyata Tidak Ada Misteri Optimasi ! di Google, MSN dan Yahoo
Tugas Anda Adalah Sebagai Search Engine Optimizer
Optimasi jobs Panduan Rahasia Search Engine Optimization untuk Web DesignerSetiap Search Engine memiliki algoritma atau konsepnya sendiri untuk menilai sebuah halaman pada situs. Dengan cara memahami faktor-faktor umum yang mempengaruhi algoritma tersebut, hal itu berarti dapat juga mempengaruhi posisi Anda dalam hasil pencarian yang dilakukan oleh calon pengunjung. Inilah yang menjadi tujuan utama seorang ahli optimasi.Pekerjaan Optimasi memiliki dua aspek yaitu: On-situs and Off-situs.

On-site optimasi: sesuatu yang sobat wajib benahi didalam situs sobat sendiri seperti contoh: HTML markups, target keywords, internal linking, struktur situs, dan lainnya.

Off-site optimasi: adalah sesuatu yang kurang dapat sobat kontrol seperti, berapa banyakah backlinks (link dari situs lain yang mengarah ke situs Anda) yang anda dapatkan dan bagaimana cara orang-orang menungujungi situs Anda, apakah mengetikan langsung, apakah dari iklan, apakah dari Search Engine, apakah dari e-mail, refferal, dll.

Catatan: “Panduan SEO pada artikel ini memiliki penekanan aspek On-site.Sedangkan untuk Off-site kuncinya adalah jika sobat  melakukan pekerjaan Anda dengan benar dan mendesign situs yang cantik kemudian selalu menyuguhkan content situs yang berguna bagi orang banyak maka secara otomatis Anda akan mendapatkan Off-situs backlinks dan social bookmarks tanpa Anda mengerakan jari Anda sekalipun”.

Kesalahan Terbesar Optimasi yang Dibuat Oleh Designers dan Developers
Splash Page
Untuk web designer saya sering kali melihat kesalahan ini,ketika seseorang hanya menempatkan sebuah banner (iklan/gambar) yang besar dengan sebuah link untuk mengarahkan pada homepage (halaman depan) situs tersebut. Hal yang terburuk adalah kalimat “enter” link tersebut di design dengan cara tanam/gabung (embed) kedalam objek animasi Flash,yang tentu saja akan membuat sesuatu yang mustahil untuk Spiders mengikuti link yang dibuat tersebut.Hal ini tentu saja tidak berarti apa-apa jika sobat tidak peduli tentang apakah Search Engine akan mengenali situs Anda atau tidak, namun tetap saja Anda melakukan kesalahan besar. Karena biasanya Homepage adalah halaman dengan rangking paling tinggi pada situs Anda dan mendapatkan kunjungan crawl paling sering oleh Spiders.Sedangkan halaman-halaman lainnya yang terdapat didalam struktur situs sobat tidak akan berpengaruh kedalam Search Engine index tanpa struktur link yang jelas dari homepage yang ditelusuri Spider.Kesimpulannya homepage Anda wajib berisikan (minimal) target keywords dan link-link menuju halaman-halaman penting dalam isi situs sobat.

Tips: “Itulah kenapa homepage sebuah situs lebih banyak ditulis index.php atau index.html keimbang home.php atau default.php karena pada dasarnya homepage akan berisikan index (kumpulan) link-link singkat (preiview) menuju isi halaman penting didalamnya, contoh nyata paling gampang dapat Anda lihat pada setiap halaman pertama sebuah koran atau surat kabar, disana pasti akan terdapat potongan-potongan cerita singkat yang mengarah kehalaman tertentu didalam isi beritanya, lengkap bukan? Anda pun dapat melakukannya pada situs Anda yaitu bisa dengan cara menempatkan kumpulan link seperti Blog Archives, Recent Post, Related Articel, Related Download, Top 10 Popular Download, dll”.

Fakta Menu atau Tombol Flash adalah Non-Spiderable (tidak ter-Spider)
Banyak designer membuat kesalahan ini, yaitu dengan menggunakan banyak menu atau tombol animasi Flash pada situs buatannya, seperti gaya fade-in teknik roll-over yang canggih. Saya yakin hal itu akan terlihat keren bagi sobat,namun satu hal yang pasti, teknik seperti itu tidak akan “terlihat” sama sekali oleh Search Engine, lebih parahnya semua link yang ada pada menu Flash tersebut tidak akan ditelusuri oleh Spider-nya Search Engine.

Image dan Content Flash
Pada dasarnya Spider sangat menyukai situs yang berbasis text, mereka tidak dapat membaca text yang di embed kedalam sebuah graphic gambar, photo ataupun Flash. Banyak sekali Designer yang membuat kesalahan ini dengan menggabungkan content yang sangat penting (seperti target keywords) didalam Flash dan image.

Tips: “Didalam keseharian saya juga disibukan dengan aktifitas mengajar di kampus LP3i Tasikmalaya, selain saya melakukan sharing ilmu dengan Mahasiswa dalam mata kuliah Graphic Design & Photo Editing, saya juga diamanatkan untuk memegang mata kuliah Graphic Animation (Adobe Flash), permasalahannya adalah saya selalu mengingatkan anak didik saya ketika membuat suatu website full flash, sediakan juga satu link untuk menampilkan versi HTML nya (yang paling baik adalah pada halaman index dan menu bar bagian atas), suatu pekerjaan yang menyusahkan memang, tapi demi tujuan SEO lah kita harus melakukannya, dan hasilnya spider akan mengindex seluruh isi website tersebut plus!! kelebihannya juga adalah pengunjung dapat disuguhkan dua macam gaya website yang menarik”

Penggunaan fasilitas Ajax yang berlebihan
Kebanyakan web developer selalu mencoba memuaskan hati para pengunjung website-nya dengan cara memasang fasilitas Ajax secara berlebihan (biasanya untuk tujuan navigasi), akan tetapi tahukah Anda hal itu adalah kesalahan besar optimasi ?Karena content Ajax selalu dipanggil secara dinamis (langsung ke website), artinya hal ini tidak tertelusuri oleh Spider yang artinya juga tidak ter-index oleh Search Engines.

Versi Theme Design
Dengan alasan tertentu, beberapa Web Designers sangat menyukai untuk membuat versi theme untuk situs mereka kedalam sub level folders (contoh: seperti www.namadomain.com/v2/index.php, www.namadomain.com/v3/index.php, www.namadomain.com/v4/index.php misalnya) dan ketika dibuat versi baru misalkan v5 maka semua versi sebelumnya akan di redirect kedalam folder baru v5 tadi (agar pengunjung ketika mengetikan url ke versi 1-4 akan langsung dialihkan langsung ke versi 5 yang baru). teknik ini secara langsung akan berakibat berpindahnya lokasi utama root yang mengakibatkan Anda kehilangan hitungan backlink dan ranking halaman yang telah disimpan di database Search Engine sebelumnya. yaitu dikarenakan broken link.

Detail Link Anchor Text
Anda pasti sering melihat link dengan tulisan seperti contoh diatas, biasanya tombol berupa link tulisan tersebut digunakan untuk melanjutkan sebuah headline berita ke halaman artikel yang lebih lengkap mengenai topik pada headline tersebut, contoh penggunaan link anchor text dapat sobat lihat pada headline artikel situs ini.Hal tersebut sangat bagus sekali jika sobat ingin meraih perhatian Visitors dan mendapatkan rangking halaman yang tinggi dengan tulisan-tulisan “Click Here” / “Click disini” / “Baca selengkapnya” / “Detail”. Namun jika sobat ingin menunjukan kepada Search Engine bahwa halaman yang sobat buat tersebut adalah halaman penting untuk topic tersebut, maka gunakanlah topic/keyword pada link anchor text tersebut. hal ini menjadi suatu nilai yang lebih positif jika Anda menuliskan kata “pelajari selengkapnya tentang {keyword atau topic}” atau “baca selengkapnya tentang {keyword atau topic}” atau “lihat detail tentang {keyword atau topic}”, dll.

Warning: Jangan pernah menggunakan kata-kata yang sama untuk setiap anchor text pada seluruh isi situs sobat,terkadang hal ini malah sering dianggap sebuah spam oleh Search Engine.

Tips: “Didalam pengalaman saya,ketika melihat hasil pencarian yang muncul pada Search Engine seperti Google atapun Yahoo,sobat bisa melihat bahwa format yang muncul adalah Title Tag suatu halaman di website sobat,kemudian content halaman tersebut yang berhubungan dengan keywords yang diketikan pencari informasi,dan yang terakhir url halaman tersebut,maka dari itu saya anjurkan sobat lebih memilih menggunakan judul artikel atau berita sebagai link ke detail berita selanjutnya, karena akan memiliki rank yang tinggi dibandingkan penggunaan contoh diatas”demikian artikel ini saya buat semoga bisa bermanfaat dan jika ada kekurangan saya mengenai apa yang sudah Aura Share disini bisa diwujudkan kedalam penyempurnaan ilmu dan teknik Optimasi Blog Cepat Masuk 10 Besar Search Engine

15komentar :

  1. Semua tips di atas sangat krusial untuk pengoptimalan SEO bagi sebuah blog! Terimakasih sudah berbagi tips-tips nya sobat! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lengkap dan terinci Gan Rezky...
      Ijin copas dulu biar bisa dibaca berulang-ulang secara offline ya Gan... Terima kasih

      Hapus
  2. @Daniel
    @dshare33 kembali kasih sobat,semoga bisa bermanfaat ya

    BalasHapus
  3. Lengkap sekali tips seo nya gan... top markotop deh... sy tunggu tutorial seo berikutnya di aura-share. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sobat berkat semangat untuk bereksperimen maka terwujudlah hasil yang sangat memuaskan di halaman pencarian.

      Hapus
  4. Trims Atas Infonya Mass.................!!!!

    BalasHapus
  5. makasi infonya gan..
    kunjungi blog ane juga ia gan..
    http://mbem25.blogspot.com/2013/05/kembalikan-hijaunya-bumi-dengan.html

    BalasHapus
  6. Silahkan sob,terima kasih sudah berkunjung

    BalasHapus
  7. banner juga berpengaruh ya gan?

    BalasHapus
  8. agak susah belajar seo,,apalagi saya terhitung pemula,,terlalu susah sepertinya seo dipelajari

    BalasHapus
  9. terimakasi infonya gan ,jangan lupa kunjungi juga blog saya http://tegilblog.blogspot.com heheheheh thnks gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. @M.Shofa Abdillah>>Banner usahakan diberi Alt+Title Tag agar bisa dikenali oleh Roboot
      @Zgames46 >>Seo itu bukan ilmu pasti..jika hendak private..saya menyediakan layanan Kursus Seo di www.seowebinformation.com
      @Agus Blog >>sama sama sob,terima kasih sudah berkunjung di blog jadul ini..Cmiww

      Hapus

Seorang blogger sejatinya selalu memberikan komentar yang terbaik serta membangun,terima kasih sobat atas kunjunganya.Sukses Selalu Blogger Indonesia