Jokowi Belum Cukup Modal Jadi Capres Alternatif


Joko Widodo (Foto: Dok. Okezone)
Joko Widodo (Foto: Dok. Okezone)
Aura Share – Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi begitu fenomenal lantaran sukses menduduki kursi gubernur DKI Jakarta. Sosok Jokowi yang sederhana ternyata belum mampu dilirik publik untuk masuk dalam survei capres muda alternatif yang digelar Institute Survei Indonesia (INSIS).
Pengamat Politik Hanggoro Doso Pamungkas menilai Jokowi belum memiliki modal cukup untuk memikat hati publik. “Kemunculannya belum lama, popularitas masih di kota, atau di Jawa. Publik yang mengenal melalui media,” kata Hanggoro saat berbincang dengan Okezone, Minggu (9/12/2012).

Masyarakat dipelosok, lanjut Hanggoro, belum mengenal jokowi. Karena akses media internet, atau televisi, belum menjamah seluruh kawasan di Indonesia. “Jika mau masuk dalam kandidat capres harus memiliki modal, pertama dikenal, kemudian disukai, baru mayarakat akan melirik," terangnya.

Seandainya Jokowi populer karena diuntungkan media, dan memiliki action seimbang dengan program bagus, maka akan terbentur tantangan lainnya. “Apakah Mega akan rela melepaskan PDIP menjadi kendaraan politik untuk orang lain (Jokowi)? Meskipun tidak menutup kemungkinan,” terangnya.

Hanggoro memprediksi perlu dua tahun lagi untuk Jokowi dapat dikenal oleh masyarakat. “Perlu waktu dua tahun lagi, untuk publikasi,” tukasnya.

Sebelumnya dalam survei capres muda alternatif yang digelar Institute Survei Indonesia (INSIS), Jokowi  yang belakangan begitu sangat dikenal tidak masuk dalam bursa capres alternatif.


Dalam survei yang dilakukan di 33 provinsi dengan jumlah responden sebanyak 1.070 orang dan margin of error kurang lebih tiga persen. Survei dilaksanakan pada 16 November hingga 4 Desember 2012 dengan metode tatap muka langsung dengan panduan kuesioner.

Hasilnya, dari lima politikus muda PDIP, Pramono Anung dinilai reponden paling pupuler dengan perolehan suara 73,73 persen. Di posisi kedua ada Puan Maharani (71,49), Budiman Sudjatmiko (60,56 persen), Tjahjo Kumolo (60,28 persen), dan Maruara Sirait (30,37 persen).

0 komentar "Jokowi Belum Cukup Modal Jadi Capres Alternatif", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

Seorang blogger sejatinya selalu memberikan komentar yang terbaik serta membangun,terima kasih sobat atas kunjunganya.Sukses Selalu Blogger Indonesia